Candi Borobudur yaitu salah satu warisan sejarah di Indonesia yang kini menjadi salah satu daerah liburan favorit di kota Jogja. Bukan cuma sebagai destinasi wisata religi saja, melainkan keunikan yang dimiliki oleh candi ini memang menjadi energi tarik tersendiri. Tidak heran apabila tiap-tiap harinya pengunjung candi ini ada banyak terdiri dari pelancong asing dan dalam negeri.

Candi ini konon pernah terbenam di dalam debu vulkanik sampai kemudian ditemukan kembali oleh para arkeolog. Kecuali itu fakta bahwa candi ini dibangun dengan metode bunga teratai juga terkuak karena terbukti candi ini dibangun di atas sebuah danau.

Keunikan yang pertama dari candi Borobudur yakni dengan adanya fakta misteri angka satu yang terdapat di dalamnya. Ditemukan kenyataan bahwa jumlah jenjang tangga ada 10 tiap lantainya yang menampakkan angka satu jika dijumlahkan. Kecuali itu jumlah patung yang ada di Arupadatu dan jumlah segala patung di candi memperlihatkan hasil akhir adalah angka 1. Hal ini menampakkan satu filosofi tersendiri dimana yang menjadi poros kehidupan hanyalah Tuhan Tuhan Yang Esa.

https://garasijogja.com/tempat-wisata-di-jogja-dekat-candi-borobudur/ yang kedua ialah dimana candi ini menaruh estetika relief yang paling komplit di seluruh dunia. Hal ini memang sudah diakui oleh UNESCO sendiri yang mana mengucapkan bahwa relief di candi ini merupakan peninggalan relief sejarah terlengkap yang ada di dunia ini.

Perlu diketahui bahwa candi ini dilengkapi dengan relief sebanyak 2672 buah. Ilahi jika Anda membentangkannya akan menjadi jalanan sepanjang 6 kilometer panjangnya. Dan pemahatan dilakukan dengan keahlian yang tinggi sehingga dapat membikin candi tanpa membutuhkan lem atau semen sebagai penyambungnya. Tentunya ini sejarah hebat dalam dunia arsitek sebab hingga saat ini candi dapat berdiri tegak dan kokoh walaupun tanpa menerapkan bahan bangunan tertentu. Anda mau membaca relief yang ada di dinding candi maka Anda bisa menjalankannya dengan membaca sejajar dengan jarum jam.

Itulah sebagian keunikan yang dimiliki oleh candi Borobudur yang hingga saat ini masih menjadi tenaga tarik tersendiri di kota Jogja. Berkunjung ke kota Jogja akan terasa belum lengkap apabila Anda belum melihat seketika karya seni yang mengandung unsur budaya, agama dan sejarah ini.